Monday, December 8, 2008

Ke rig maneh: Adriatic XI



Kalo kemaren ke Sea Haven, nah sekarang ke rig Adriatic XI, rig ini miliknya Transocean. Sebelumnya rig ini milik Global Santa Fe dan dibeli oleh Transocean.

Rig ini sebelumnya ngebor di Seturian site, dan saat ini rig ini sudah pindah ke lokasi barunya yaitu Sedandang site dekat Sepinggan Quarter. Rencananya rig ini akan melakukan pengeboran di Sedandang well site selama 2 minggu atau lebih sebelum akhirnya pindah ke lokasinya Total.

Seperti biasa kerjaan saya disini adalah mancing, bukan mancing ikan tapi mancing signal... diantaranya signal satelit dan signal wireless.
Ditemani crew Jasnikom dan CSM, jadilah kami memancing di Sepinggan Area sekalian ngelihat bagaimana rig jackup ini melakukan jacking. Pengalaman yang bermanfaat.

Rig ini dibangun tahun 1982 di Scotland, dengan bendera Panama dan berdesign LeTourneau Class 116-C with large cantilever beams allowing 30ft by 60ft long drilling pattern. Rig ini dapat melakukan pengeboran sampai kedalaman 25000 feet dengan kedalaman laut sekitar 300 feet.

Dan ini beberapa gambar yang sempat saya ambil diatas rig ini...

http://picasaweb.google.com/alfa.am/AdriaticXI#


Selamat melihat-lihat.

3 comments:

Unknown said...

wah, mlaku mlaku terus ceritanya hehehe...kalo aku ga pernah ke rig. cuman ke platform ajah. salam kenal mas.b!Blogger anyar iki.

Unknown said...

Lumayanlah, mumpung masih dibayari karo kumpeni...
Lanjuuuttt.... huehehehe...

Salam kenal juga buatmoe.. ;)

Fadil Wimala said...

fotonya keren! :D