Tuesday, April 8, 2008

Seorang tukang ledeng

Cerita ini bisa menjadi inspirasi untuk kamu yang selalu berhubungan dengan pelanggan / customer di dalam pekerjaan sehari-hari....

Suatu hari bos Mercedez Benz mempunyai masalah dengan kran air di rumahnya. Kran itu selalu bocor hingga dia khawatir anaknya terpeleset jatuh.
Atas rekomendasi seorang temannya, Mr. Benz menelpon seorang tukang ledeng untuk memperbaiki kran miliknya. Perjanjian perbaikan ditentukan 2 hari kemudian karena si tukang ledeng rupanya cukup sibuk. Si tukang ledeng sama sekali tidak tahu bahwa si penelpon adalah bos pemilik perusahaan mobil terbesar di Jerman.
Esoknya pak tukang ledeng menghubungi Mr.Benz untuk menyampaikan terima kasih karena sudah bersedia menunggu satu hari lagi. Bos Mercy-pun kagum atas pelayanan dan cara berbicara pak tukang ledeng.

Pada hari yang telah disepakati, si tukang ledeng datang ke rumah Mr.Benz untuk memperbaiki kran yang bocor. Setelah kutak-katik sana sini, kran pun selesai diperbaiki dan pak tukang ledeng pulang setelah menerima pembayaran atas jasanya.
Sekitar 2 minggu setelah hari itu , si tukang ledeng menghubungi Mr.Benz untuk menanyakan apakah kran yang diperbaiki sudah benar-benar beres atau masih timbul masalah?
Mr. Benz berpikir pasti orang ini orang hebat walaupun cuma tukang ledeng.
Mr. Benz menjawab ditelepon bahwa kran dirumahnya sudah benar-benar beres dan mengucapkan terima kasih atas pelayanan pak tukang ledeng...

Tahukah anda bahwa beberapa bulan kemudian Mr. Benz merekrut si tukang ledeng untuk bekerja di perusahaannya?
Ya, namanya Christopher L. Jr, saat ini beliau adalah General Manager Customer Satisfaction and Public Relation di Mercedez Benz!

Jangan lupa dan aplikasikan ini dalam tingkah laku sehari hari :
  1. Masukkan hanya informasi dan nasehat bergizi untuk otak kita. Jangan pernah memberinya sampah.
  2. Jangan sampai rasa takut mengalahkan kita. Hadapi dia face to face!
  3. Tersenyumlah dengan tulus hingga gigi kita terlihat dan jadilah orang yang menyenangkan.
  4. Selalu tambahkan keju dan pelayanan terbaik walaupun itu tidak diminta.
(Diambil dari email yang dikirimkan oleh teman)

No comments: