Thursday, June 12, 2008

Tips membeli laptop

Harga laptop semakin turun, pentium core duo 1,6Mhz dengan ram DDR2 1Gb diharga Rp. 5.300.000,- murah sekali bukan!.
Namun sebelum terlanjur membeli simak dulu tips dalam membeli laptop berikut.
....

Penjualan laptop sedang tinggi-tingginya, bagi user yang belum memiliki komputer dirumahnya mereka lebih memilih membeli laptop daripada komputer, salah satu alasannya adalah karena mobilitasnya, apalagi sekarang hotspot sudah mulai menjamur. Namun apakah harga yang diberikan sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan yang diperlukan?
Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhitungkan sebelum membeli laptop, diantaranya adalah :

Sistem Operasi

Laptop sekarang biasanya sudah dibundel dengan Windows Vista sebagai sistem operasinya, namun untuk itu Anda harus membayar lebih karena harga windows vista mahal. Salah satu cara agar harga laptop yang Anda beli tidak terlalu mahal Anda bisa mengisinya dengan OS Linux, namun jika Anda pencinta Windows tetapi Anda tidak mau membayar mahal maka solusinya adalah dengan mengisi Windows XP.

CPU


Salah satu yang menentukan laptop itu lemot atau tidak adalah dari CPU-nya, prosesor untuk laptop yang beredar dipasaran saat ini ada dua, yaitu AMD dan Intel, dengan Intel lebih mendominasi.


Disarankan memilih kecepatan prosesor yang sesuai dengan kebutuhan, jika laptop hanya digunakan untuk mengetik, menghitung dan browsing, maka pilihlah yang standar saja (dibawah 2Ghz), namun jika untuk mengedit foto, edit video dan main game disarankan untuk memilih kecepatan prosesor diatas 2Ghz.


RAM


Laptop yang berisikan OS Windows Vista biasanya dipersenjatai dengan RAM 1Gb, mengapa?
Karena memang pihak Microsoft menyarankan jika ingin menggunakan vista dengan fitur aero, ram haruslah minimal 1Gb walaupun masih tetap terasa berat :( jadi disarankan untuk Anda yang memang ingin mengaktifkan fitur aero dan memakai laptop untuk memainkan game, editing foto dan video disarankan untuk mengupgradenya menjadi 2Gb. Tetapi kalau buat ngetik-ngetik saja dan browsing internet 512 juga sudah lebih cukup.

VGA


Ketika ada pameran komputer di JCC kemarin, salah satu stand laptop ada yang menawarkan harga Rp. 5.300.000,- merek lokal dengan prosesor intel 1,6Ghz, VGA 256Mb langsung diburu oleh para pembeli laptop, karena selain harganya super murah, memori VGA-nya besar, dengan memori sebesar ini sudah sangat cukup untuk memainkan game-game yang ada dipasaran dan menjalankan vista dengan fitur aero.


Perlu diketahui bahwa, memori VGA untuk laptop dulu sangat buruk, bahkan kelas high end sekalipun, namun seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan user yang semakin meningkat para produsen laptop sekarang sudah memberikan memori VGA yang WAH ! dan harnya terjangkau pula.


Ukuran Layar


Salah satu faktor lainnya adalah ukuran layar, jika Anda penikmat nonton DVD dan main games dilaptop maka pilihlah layar yang besar, namun jika Anda orang yang mobile disarankan memilih layar yang kecil, karena semakin besar layarnya semakin berat laptopnya, hal ini tentu merepotkan Anda yang bersifat mobile.


Waktu Baterei


Dari semua faktor, inilah yang menurut saya paling penting, terutama bagi Anda yang mobile karena tidak selalu tersedia aliran listrik disemua tempat. Laptop yang beredar dipasaran biasanya kuat sampai 2-3 jam walaupun ada yang sampai 5 jam. Jika Anda orang yang mobile disarankan untuk memilih laptop dengan waktu baterei yang lama, Anda pasti tidak ingin kan ketika sedang bekerja dan mau datanya dikirim via email, baterei Anda tiba-tiba habis (jangan sampe...), bahkan kalau perlu
beli baterei cadangan untuk berjaga-jaga.

Semoga tips di atas bermanfaat.


http://www.komputerblog.com

3 comments:

Anonymous said...

Salam Kenal Bapak....

terima kasih infonya..

Mau gabung blogger Balikpapan n kode bannernya di mana ambilnya?

http://fajarqimi.com/

Anonymous said...

Kalo Axioo Zetta Ten di recomend ga?
Minta masukannya dong.. budget terbatas nih

www.empatribu.com

Unknown said...

@Pak FajarQimi
Salam kenal juga, mau gabung di B! blogger?
Register aja di www.bblogger.web.id lalu tempelkan gambar logo B! Blogger di artikel http://bblogger.web.id/2008/03/21/logo-b-blogger/
Sementara kode nanti dirilis pada acara Pesta Blogger Kaltim 2008

@fa'iq mom
Axioo memang sudah lumayan bagus produknya... tapi kalo bisa dapet Acer dgn harga yang sama dengan Axioo, kenapa nggak?
Coba cek Acer Aspire 4315 di fastncheap.com