Saturday, April 26, 2008

Please 'HELP' my Blankon

2 minggu yang lalu Blankon saya tidak mau muncul, ini dikarenakan saya menginstall ulang Windows XP akibat dari adanya beberapa file yg 'corrupt'. Setelah windows dan aplikasi lainnya sudah terinstall sekarang gantian malah si Blankon Linux yang gak mau tampil karena menu GRUBnya hilang...

Ingin sekali rasanya menginstall ulang si Blankon tapi saya teringat telah menambahkan banyak aplikasi pada si Blankon diantaranya KDE Desktop dan Gambas. Saya ingat dulu pernah menginstal ulang GRUB-nya Zencafe pake CD installernya, maka saya coba masukkan Live CD Ubuntu 7.10 karena Blankon adalah masih terbilang cucu dari mbah Gutsy, tetapi sayang saya tidak menemukan option untuk me-recovery GRUBnya.

Jadilah saya sibuk nelponin temen-temen punggawa KPLI Balikpapan, mulai dari Pak Budi Stallman, Pak Rizqy sampe Mas Lucky dan jawabannya menyarankan saya untuk menggunakan CD Rescue.. Saya teringat CD installer yang menyertakan Rescue adalah Edubuntu 7.10 so dengan 'pede' saya masukkan CD tsb dan langsung boot dari CD tsb. Begitu terlihat option untuk rescue, langsung saya pilih dengan wajah sumringah. :)

Setelah otak-atik sono sini hasilnya... 'TENG-TONG'! gagal...
Coba lagi, mungkin salah pilih 'ini itu' dan hasilnya... TENG-TONG! gagal lagi... (mulai frustasi)
Tetap semangat, coba lagi!!! Dan hasilnya... TONG-TONG! gatot alias gagal total...
Pusing deh... (*&^%?$!$##$@$%@!!!)

Teringat DVD installer si Blankon yg saya pinjam dari Pak Budi (malu mo pinjem lagi hiks..) Saya teringat kalo saya punya iso-nya si Blankon yg pernah saya copy dari Pak Rizqy, langsung aja saya bakar iso-nya ke CD-R. Setelah selesai saya coba CD installer Blankon yg baru tsb di komputer saya, boot dari CD dan begitu terlihat option rescue langsung saya pilih...

Setelah klak-klik 'ini itu' maka hasilnya... BERHASIL!!!
Alhamdulillah... Merdeka!

Pelajaran yang dapat saya ambil dari kejadian ini adalah:
1. Jangan pernah menyerah
2. Jangan malu untuk pinjam ;)

1 comment:

Anonymous said...

hehe kenapa ga pake SGD pak lebih maknyusss hehehe http://www.supergrubdisk.org/ :)